Fakultas KIP | UTP Surakarta > Sarana dan Prasarana

Sarana dan Prasarana

Sistem informasi dan fasilitas yang digunakan oleh program studi untuk proses pembelajaran (hardware, software, e-library, dll.) dan administrasi.

A. Proses Pembelajaran

Program Studi Pascasarjana S2 Pendidikan Olahraga FKIP UTP Surakarta memiliki Divisi tersendiri dalam pengelolaan tiga elemen utama sistem informasi (Hardware, Software dan Brainware), yaitu ICT (Information and Communication Teknologies). ICT menyediakan dan mengelola semua hardware dan software yang digunakan untuk mendukung penyelenggaraan semua sistem informasi Program Studi Pascasarjana S2 Pendidikan Olahraga FKIP UTP Surakarta. Serta menyiapkan brainware yaitu dengan melakukan pelatihan kepada pengguna sistem informasi (end user) maupun Trainning of Trainers. ICT juga bertugas untuk memastikan semua sistem informasi Program Studi Pascasarjana S2 Pendidikan Olahraga UTP Surakarta berjalan dengan baik dan lancar.

  1. Hardware

Program Studi Pascasarjana S2 Pendidikan Olahraga FKIP UTP Surakarta memiliki jaringan internet dan intranet yang dapat saling menghubungkan antar komputer, baik melalui kabel UTP (unshielded twisted pair) maupun melalui nirkabel (wireless router). Saat ini kapasitas bandwith Internet Program Studi Pascasarjana S2 Pendidikan Olahraga FKIP UTP Surakarta telah ditingkatkan menjadi 40 Mbps.

Untuk mendukung proses belajar mengajar dosen telah dilengkapi dengan komputer (Personal Computer (PC) atau Laptop) yang terhubung dengan jaringan melalui WiFi Hotspot. Laboratorium computer memiliki 40 unit PC yang dikelola oleh ICT untuk kepentingan praktikum. Fasilitas komputer di laboratorium digunakan untuk berbagai kegiatan praktikum, akses internet, pembekalan mahasiswa baru dan alumni, serta berbagai pelatihan lainnya. Di samping itu Program Studi Pascasarjana S2 Pendidikan Olahraga FKIP UTP Surakarta menyediakan 3 akses wifi terbuka (hotspot). Program Studi Pascasarjana S2 Pendidkan Olahraga FKIP UTP juga telah menerapkan pembelajaran menggunakan e-learning yaitu dengan sistem edmodo.

  1. Akses online keperpustakaan

Untuk mendukung proses pembelajaran Program Studi Pascasarjana S2 Pendidikan Olahraga FKIP UTP Surakarta juga memiliki fasilitas Digital library www.digilib.utp.ac.id dan E-journal www.ejournal.utp.ac.id. Digilib merupakan e-Library, yaitu sistem untuk menampung koleksi digital library, khususnya skripsi lengkap, dan tesis, yang dapat diakses secara internal di Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Perpustakaan. Program Studi Pascasarjana S2 Pendidikan Olahraga FKIP UTP Surakarta juga mempergunakan fasilitas E-Journal jurnal ilmiah elektronik yang dilanggan oleh Dikti melalui Proquest, Ebsco dan Cengage.

B. Administrasi

Sistem informasi dan fasilitas yang digunakan oleh Program Studi Pascasarjana S2 Pendidikan Olahraga FKIP UTP Surakarta untuk kegiatan administrasi dapat  dijelaskan sebagai berikut: (1) komputer yang terhubung dengan jaringan luas/ internet, (2) software basis data yang memadai, (3) akses terhadap data yang relevan sangat cepat.

  1. Komputer yang terhubung dengan jaringan luas/ internet

Komputer untuk mendukung kegiatan administrasi yang terhubung dengan jaringan luas/ internet terdiri dari komputer server dan client. Komputer server yang berada di UTP sudah meliputi semua server Sistem Informasi terdiri dari Sistem Informasi Akademik (SIAKAD), Sistem Informasi Keuangan (SIKEU), Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (SIPENMARU), Sistem Tracer Study, E-journal dan Digilib, website profil UTP. Sedangkan komputer client meliputi computer layanan tata usaha fakultas dan program studi, layanan administrasi perpustakaan, biro administrasi umum dan kepegawaian, biro akademik dan kemahasiswaan, dan unit kerja lainnya. Komputer client yang beroperasi di Program Studi Pascasarjana S2 Pendidikan Olahraga FKIP UTP Surakarta lebih dari 5 unit.

  1. Software basis data yang memadai

Program Studi Pascasarjana S2 Pendidikan Olahraga FKIP UTP Surakarta memiliki server Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) dan Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (SIPENMARU) yang terintegrasi. Dalam sistem Penerimaan mahasiswa baru, peserta dapat melakukan pendaftaran secara online, serta dapat melakukan pembayaran melalui bank yang telah terintegrasi dengan sistem PMB